Minggu, 11 Januari 2015

GLOBALISASI

Edit Posted by with No comments
GLOBALISASI

Globalisasi adalah menyatunya dunia dalam kemiripan cara hidup. Dalam globalisasi, peristiwa di satu negara akan mempengaruhi seluruh penjuru dunia. Penyebab munculnya globalisasi adalah kemajuan di bidang komunikasi, transportasi, dan teknologi informasi.
Kemajuan itu mempererat hubungan antar individu, masyarakat, dan negara di seluruh dunia. Globalisasi juga ditandai oleh munculnya perusahaan multinasional. Perusahaan tersebut dimiliki banyak orang dari berbagai negara.Globalisasi membawa perubahan besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita.
Sebagian perubahan itu berdampak positip, namun sebagian lainnya berdampak negatip.
Kebijakan umum Pemerintah Indonesia dalam kerja sama luar negeri memiliki sasaran antara lain:.
a. Semakin meningkatnya peran Indonesia dalam era global dan dalam menciptakan
perdamaian dunia,
b. Terjaganya citra Indonesia di dalam hubungan internasional.
c. Mendorong terciptanya tatanan dan kerja sama ekonomi regional dan internasional yang lebih baik.
Semua sasaran di atas harus mendukung pembangunan nasional Indonesia. Globalisasi juga ditandai dengan semakin intensifnya hubungan internasional. Dalam rangka hubungan internasional ini, Indonesia menjalin kerja sama bilateral maupun multilateral. Kerja sama multilateral biasanya berbentuk organisasi internasional seperti PBB, ASEAN, APEC, dsb.Untuk mempermudah pemahaman bab ini, kerja sama kita kelompokkan ke dalam berbagai bidang. Bidang ini meliputi politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.

Ayo Belajar Sambil Bermain Ilmu Pengetahuan Sosial: untuk SD/MI kelas VI/oleh Sri Wasono Widodo, Mulyadi HP. Ð Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008

0 komentar:

Posting Komentar