Minggu, 11 Januari 2015

KENAMPAKAN ALAM

Edit Posted by with No comments
KENAMPAKAN ALAM INDONESIA

1. Wilayah Daratan
  Permukaan bumi kita terdiri atas wilayah daratan dan perairan. Wilayah Daratan meliputi gunung, pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, dan sebagainya. wilayah perairan meliputi laut, sungai, dan danau.
  Bentang alam berupa dataran dan perairan disebut kenampakan alam. Negara Indonesia merupakan negara berbentuk kepulauan. Jumlah pulau di negara kita sekitar 18.810. Pulau merupakan suatu wilayah daratan yang luas. Satu pulau dengan pulau yang lain dihubungkan dengan laut ataupun selat.
a. Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra dihubungkan Selat Sunda.
b. Pulau Kalimantan dengan Pulau Sulawesi dihubungkan dengan Selat Makasar.
c. Pulau Sumatra dengan Pulau Kalimantan dihubungkan dengan selat Karimata.
d. Pulau Jawa dengan Pulau Bali dihubungkan dengan Selat Bali.

Jenis-jenis bentuk daratan di Indonesia, antara lain :
a). Dataran rendah
   Dataran rendah adalah wilayah yang memiliki ketinggian 0-200 m diatas permukaan air laut. Dataran rendah merupakan wilayah yang paling diminati oleh manusia. Hal ini dikarenakan wilayahnya yang mudah dijangkau. Dataran rendah banyak dimanfaatkan manusia untuk kegiatan pertanian, perumahan, dan sebagainya.
b). Dataran tinggi
   Dataran tinggi adalah wilayah yang memiliki ketinggian lebih dari 200 m diatas permukaan laut.
Dataran tinggi biasanya memiliki udara yang sejuk. Pada wilayah dataran tinggi juga banyak dilakukan aktivitas pertanian. Pertanian yang ditanam berupa teh, kopi, sayur-sayuran, dan buah-buahan.
c). Gunung
   Gunung adalah daerah yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Gunung terdiri atas gunung mati dan berapi. Gunung yang ada di Indonesia sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan pada wilayah sekitar gunung api merupakan wilayah yang subur. Selain itu, manfaat lain yang dapat diperoleh dari gunung berapi, yaitu :
     1. Menghasilkan barang tambang
     2. Sebagai objek pariwisata.
     3. Lahan subur cocok untuk kegiatan pertanian,
     4. dan lain-lain.
d). Pegunungan
   Pegunungan adalah daerah berbukit-bukit yang memanjang. Pegunungan mempunyai ketinggian lebih dari 1500 m diatas permukaan laut. Wilayah pegunungan yang ada di Indonesia cukup banyak. Umumnya wilayah pegunungan digunakan untuk tempat rekreasi. Hal ini karena pegunungan yang sejuk. Disamping itu juga banyak dilakukan kegiatan pertanian dan perkebunan.
e). Dataran pantai
    Dataran pantai adalah batas dataran dengan laut. Indonesia merupakan negara kepulauan. Hal ini menyebabkan Indonesia banyak memiliki pantai. Pantai yang ada di Indonesia dimanfaatkan untuk tujuan wisata. Adapun wisata yang datang berasal dari dalam maupun luar negeri. Wilayah pantai dianggap sebagai wilayah yang memiliki daya tarik.
f). Tanjung
   Tanjung adalah dataran yang menjorok ke laut. Tanjung yang ada di indonesia jumlahnya cukup banyak. Wilayah tanjung dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan.

2. Wilayah Perairan
Wilayah perairan di Indonesia lebih luas dibanding daratan. Pulau-pulau yang ada di Indonesia dikelilingi oleh perairan.

Jenis-jenis bentuk perairan di Indonesia, antara lain :
a). Laut
  Laut adalah perairan yang sangat luas dan dalam. Air laut terasa asin karena mengandung garam. Laut yang ada di Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu laut dangkal dan dalam. Laut dapat penghasilkan ikan, rumput laut dan sebagainya. Laut yang ada di Indonesia memiliki daya tarik. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya wisatawan yang datang ke laut.
b). Sungai
   Sungai adalah air yang mengalir di daratan. Air sungai mengalir dari hulu menuju hilir. Sumber air sungai berasal dari mata air, air hujan dan campuran. Jenis sungai yang besar serta panjang dan sempit serta pendek. Sungai dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya untuk irigasi sawah, pertanian, budidaya ikan dengan keramba, objek wisata, PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) bahkan ada yang digunakan untuk transportasi (angkutan). Sungai yang besar dan panjang dimanfaatkan untuk pelayaran, lalu lintas kapal dan sebagainya. Sungai ini banyak ditemui di Sumatra dan Kalimantan. Sungai yang ada di Pulau Jawa berupa sungai kecil dan pendek. Sungai di Jawa dimanfaatkan sebagai pengairan lahan pertanian dan pembangkit listrik.
c). Danau
  Danau merupakan cekungan berisi air yang luas. Danau ada dua, yaitu dibuat oleh manusia dan terbentuk oleh alam. Danau yang dibuat manusia disebut danau buatan.Adapun danau yang terbentuk oleh faktor alam disebut danau alami. Danau memiliki ukuran yang besar dan kecil. Danau dapat dimanfaatkan untuk rekreasi, pengairan dan sebagainya.


Ilmu Pengetahuan Sosial 4 : SD/MI kelas IV/Irawan Sadad Sadiman, Shendy Amalia.--Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

0 komentar:

Posting Komentar